Bagian-bagian mekanisme katup standar
Kegunaan mekanisme katup
· Mengatur pemasukan gas baru ke dalam silinder
· Mengatur pembuangan gas bekas ke saluran buang
Mekanisme katup dengan poros kam di bawah
Katup di samping ( Side Valve )
· Katup berdiri
· Poros kam terletak di bawah
· Katup di samping blok motor
Keuntungan
· Tidak berisik
· Konstruksi sederhana
· Tinggi motor menjadi pendek
Kerugian
· Bentuk ruang bakar kurang mengun-
tungkan
· Penyetelan celah katup sulit
Katup di kepala silinder ( Over Head Valve )
· Katupnya menggantung
· Poros kam terletak di bawah
· Katupnya di kepala silinder
Keuntungan
· Bentuk ruang bakar baik
Kerugian
Banyak bagian-bagian yang bergerak ë kelembaman massa besar ë tidak ideal untuk putaran tinggi
Mekanisme katup dengan poros kam di atas
Satu poros kam di kepala ( Over Head Camshaft )
· Poros kam langsung menggerakkan tuas katup ( Gb A ) atau tuas ayun katup ( Gb B )
Keuntungan
· Sedikit bagian-bagian yang bergerak
· Kelembaman massa kecil, baik untuk putaran tinggi
Kerugian
· Konstruksi motor menjadi tinggi ( ada mekanisme tuas ayun )
Dua poros kam di kepala ( Double Over Head Camsaft )
· Kam langsung menggerakkan mangkok penumbuk.
Keuntungan
· Bentuk ruang bakar baik
· Susunan katup-katup menguntungkan ( bentuk V )
· Kelembaman massa paling kecil, baik untuk putaran tinggi
Kerugian
· Konsrtuksi mahal, lebih berat
Penyetelan celah katup lebih sulit
Comments
Post a Comment