Pemeriksaan awal
- Lepas tutup distributor, rotor, dan piringan tutup
- Periksa keausankontak. Gunakan obeng untuk membuka kontak. Lihat gambar dibawah ini:
a. kondisi baik
b. terbakar, perlu diganti
Perbaikan/ penggantian kontak pemutus
- Lepas kabel kontak pemutus
- Lepas sekrup-sekrupnya dan keluarkan kontak pemutus
Bersihkan plat dudukan kontak pemutus dan kam governor dengan lap
Kontak pemutus yang masih dapat digunakan harus diratakan, kalau akan distel dengan fuler. Bila kontak tidak rata, penyetelan dengan fuler akan menghasilkan celah yang terlalu besar. Lihat gambar berikut!
- Kontrol dudukan lepas pada kontak tetap.
Lihat gambar berikut :
Baik
Miring
Miring
Tergeser
- Kedudukan kontak yang salah seperti gambar b, c, d, dapat dibetulkan dengan membengkokkan kontak tetap. Gunakan alat bengkok khusus atau tang.
- Periksa kekuatan pegas kontak pemutus dengan tangan.
Jika pegas lemah atau berkarat, kontak pemutus harus diganti.
- Sebelum pemasangan, bersihkan permukaan kontak yang baru dengan kertas yang bersih.
- Sebelum memasang kontak pemutus, beri vet pada tumit ebonit, tetapi jangan terlalu banyak. Pakai vet khusus. Jika tidak ada, pakai vet bantalan roda.
Jika tidak ada vet pada tumit ebonit, bagian tsb. cepat aus, maka celah kontak menjadi lebih kecil, akhirnya kontak tidak dapat dibuka dan motor berhenti.
Penyetelan celah kontak pemutus dengan fuler
- Putar motor dengan tangan sampai kam dengan tumit ebonit dalam posisi seperti pada gambar.
- Pilih fuler yang sesuai dengan besar celah kontak.
Periksa celah kontak dengan fuler yang bersih.
- Jika celah tidak baik, stel seperti berikut :
- Kendorkan sedikit sekrup-sekrup pada kontak tetap.
Stel besar celah dengan menggerakkan kontak tetap.
Penyetelan dilakukan dengan obeng pada takik penyetel.
Perhatikan pada waktu pemeriksaan celah. Jika fuler tidak dimasukkan lurus, penyetelan akan salah.
- Kalau penyetelan sudah tepat, keraskan sekrup-sekrup pada kontak tetap.
- Putar mesin satu putaran, periksa sekali lagi besarnya celah kontak.
Petunjuk
Besar celah untuk kontak mobil biasanya 0,4-0,5mm.
Kontak pemutus biasanya diganti baru setiap 20’000km.
Kontak lama dapat diratakan dengan kikir kontak atau kertas gosok, dan selanjutnya dibersihkan dengan kertas yang bersih. Tetapi, kalau ketidakrataan kontak besar, sebaiknya kontak pemutus diganti baru.
Jika kontak pemutus dalam waktu singkat aus, kondensator pengapian harus dikontrol.
Penyetelan baru kontak pemutus mengakibatkan perubahan saat pengapian. Pekerjaan berikutnya adalah penyetelan saat pengapaian.
Jangan mengganti sekrup pengikat kontak pemutus dengan sekrup baru yang lebih panjang! Ujung sekrup yang terlalu panjang menghalangi kerjanya mekanisme advans vakum.
Comments
Post a Comment