Skip to main content

Pemeriksaan Dan Penggantian Kontak Pemutus (Platina)

Pemeriksaan awal
-     Lepas tutup distributor, rotor, dan piringan tutup

-     Periksa keausankontak. Gunakan obeng untuk membuka kontak. Lihat gambar dibawah ini:
 a. kondisi baik
 b. terbakar, perlu diganti








Perbaikan/ penggantian kontak pemutus
-      Lepas kabel kontak pemutus
-      Lepas sekrup-sekrupnya dan keluarkan kontak pemutus
Bersihkan plat dudukan kontak pemutus dan kam governor dengan lap
Kontak pemutus yang masih dapat digunakan harus diratakan, kalau akan distel dengan fuler. Bila kontak tidak rata, penyetelan dengan fuler akan menghasilkan celah yang terlalu besar. Lihat gambar berikut!
-      Kontrol dudukan lepas pada kontak tetap.
Lihat gambar berikut :

Baik

Miring

Miring

Tergeser


-        Kedudukan kontak yang salah seperti gambar b, c, d, dapat dibetulkan dengan membengkokkan kontak tetap. Gunakan alat bengkok khusus atau tang.
-        Periksa kekuatan pegas kontak pemutus dengan tangan.
Jika pegas lemah atau berkarat, kontak pemutus harus diganti.
-      Sebelum pemasangan, bersihkan permukaan kontak yang baru dengan kertas yang bersih.
-      Sebelum memasang kontak pemutus, beri vet pada tumit ebonit, tetapi jangan terlalu banyak. Pakai vet khusus. Jika tidak ada, pakai vet bantalan roda.
Jika tidak ada vet pada tumit ebonit, bagian tsb. cepat aus, maka celah kontak menjadi lebih kecil, akhirnya kontak tidak dapat dibuka dan motor berhenti.
Penyetelan celah kontak pemutus dengan fuler
-      Putar motor dengan tangan sampai kam dengan tumit ebonit dalam posisi seperti pada gambar.
-      Pilih fuler yang sesuai dengan besar celah kontak.
Periksa celah kontak dengan fuler yang bersih.
-      Jika celah tidak baik, stel seperti berikut :
-      Kendorkan sedikit sekrup-sekrup pada kontak tetap.
Stel besar celah dengan menggerakkan kontak tetap.
Penyetelan dilakukan dengan obeng pada takik penyetel.








Perhatikan pada waktu pemeriksaan celah. Jika fuler tidak dimasukkan lurus, penyetelan akan salah.












-      Kalau penyetelan sudah tepat, keraskan sekrup-sekrup pada kontak tetap.
-      Putar mesin satu putaran, periksa sekali lagi besarnya celah kontak.
Petunjuk
Besar celah untuk kontak mobil biasanya 0,4-0,5mm.
Kontak pemutus biasanya diganti baru setiap 20’000km.
Kontak lama dapat diratakan dengan kikir kontak atau kertas gosok, dan selanjutnya dibersihkan dengan kertas yang bersih. Tetapi, kalau ketidakrataan kontak besar, sebaiknya kontak pemutus diganti baru.
Jika kontak pemutus dalam waktu singkat aus, kondensator pengapian harus dikontrol.
Penyetelan baru kontak pemutus mengakibatkan perubahan saat pengapian. Pekerjaan berikutnya adalah penyetelan saat pengapaian.
Jangan mengganti sekrup pengikat kontak pemutus dengan sekrup baru yang lebih panjang! Ujung sekrup yang terlalu panjang menghalangi kerjanya mekanisme advans vakum.

Comments

Popular posts from this blog

SISTEM PENDUKUNG MESIN

Fungsi : Mendukung engine dari segala tuntutan agar memungkinkan   bekerja dengan baik dan berkesinambungan 1. SISTEM BAHAN BAKAR Motor Bensin Fungsi sistem bahan bakar Menyediakan dan mensuplay kebutuhan bahan bakar  sesuai dengan kebutuhan mesin Komponen-komponen sistem bahan bakar bensin : 1.     Karburator 2.     Pompa bensin (Fuel pump) 3.     Saringan bensin (Fuel filter) 4.     Tangki bensin (Fuel tank) Karburator Fungsi : Mencampur udara dengan bensin dengan komposisi yang sesuai agar menjadi gas yang mudah terbakar Keterangan : 1.     Choke valve                                 5. Throttle valve 2.     Saluran masuk bensin            ...

Syarat terjadinya pembakaran

Syarat terjadinya pembakaran pada sebuah motor adalah tersedianya oksigen yang cukup, bahan bakar yang cukup dan panas atau api yang baik. Proses terjadinya pembakaran pada motor bensin. Pembakaran didalam mesin motor dapat terjadi apabila tiga syarat pembakarn terpenuhi. Tiga syarat pembakar tersebut yaitu 1. Ada yang dibakar (campuran udara dan bahan bakar), 2. Ada yang membakar (api/panas atau tekanan), dan 3. Adanya ruang bakar (chamber). Piston bergerak dari TMA ke TMB, katup hisap terbuka, campuran bahan bakar dan udara terhisap ke dalam silinder. Selanjutnya campuran bahan bakar dan udara dikompresi oleh gerak naik piston dari TMB ke TMA (katup hisap dan katup buang tertutup). Pada akhir langkah kompresi sekitar 5-10 derajat sebelum TMA busi memercikkan bunga api sehingga terjadi ledakan (temperatur naik sekitar 2500 0 C dan tekanan sekitar 50 kg/cm 2 di ruang bakar) didalam ruang bakar yang akan mendorong piston dari TMA ke TMB disebut langkah kerja. Setelah itu piston bergera...

Pengertian Komposit

Kata komposit (composite) berasal dari kata "to compose" yang berarti menyusun atau menggabung. Komposit adalah suatu material yang terbentuk dari kombinasi dua atau lebih material, di mana sifat mekanik dari material pembentuknya berbeda-beda (Jones, 1975). Menurut Kaw, A.K.  (1997), komposit adalah struktur material yang terjadi dari dua kombinasi bahan atau lebih, yang dibentuk pada skala makrospik dan menyatu secara fisika. Unsur pembentuk komposit disebut penguat (serat atau partikel) dan pengisi (matriks). Matriks bertugas mengikat serat agar tetap pada posisinya dan menjaga serat dari pengaruh lingkungan luar. Bahan komposit merupakan bahan gabungan secara makro, maka bahan komposit dapat didefinisikan sebagai suatu sistem material yang tersusun dari campuran/kombinasi dua atau lebih unsur-unsur utama yang secara makro berbeda di dalam bentuk dan atau komposisi material yang pada dasarnya tidak dapat dipisahkan (Schwartz, 1984). Tumbuhan penghasil serat sering dikena...